-->

Cara Mengatasi Layar Komputer Yang Terbalik

Mediasono - Cara Mengatasi Layar Komputer Yang Terbalik Pernahkah anda mengalami layar komputer yang terbalik tanpa anda ketahui penyebabnya? jika iya kita senasib. Karena saya baru saja mengalaminya. Dulu teman saya juga pernah mengalami kejadian layar komputer terbalik. Hingga akhirnya dia memutuskan untuk menginstall ulang. Sebenarnya kita tidak perlu sampai menginstall ulang karena ada solusinya. Berikut ini caranya.Apa penyebabnya?
Penyebab paling umum layar komputer terbalik secara tiba-tiba adalah ada tombol keyboard (kombinasi shortcut) yang tidak sengaja kita tekan. Entah itu karena terburu-buru maupun karena tertekan sesuatu.
Jarang sekali hal ini terjadi karena masalah driver. Kemungkinan yang lain memang ada, yaitu masalah ada fisik monitor itu sendiri. Dan itu jarang terjadi (malah hampir tidak mungkin) kecuali memang ada kontak fisik yang disengaja maupun tidak disengaja.
Cara mengatasinya?
Masalah ini disebabkan oleh keyboard dan akan diselesaikan menggunakan keyboard. Nah, ada empat kombinasi shortcut untuk membalikan layar komputer anda, yaitu:
1) CTRL + ALT + UP = Untuk mengubah layar komputer ke posisi awal
2) CTRL + ALT + DOWN = Untuk membalikan layar komputer (180 derajat)
3) CTRL + ALT + RIGHT = Untuk memutar layar komputer 90 derajat ke kanan
4) CTRL + ALT + LEFT = Untuk memutar layar komputer 90 derajat ke kiri
Kombinasi keyboard untuk memutar layar keyboard
Peringatan: Jangan digunakan untuk jahil yah 🙂
Baca juga : 
Solusi lain?
Untuk mengantisipasi cara diatas tidak berhasil, sebenarnya anda bisa menggunakan pengaturan dari sistem operasi Windows yang anda gunakan. Berikut ini cara mengatasi layar komputer terbalik berdasarkan Windows yang anda gunakan.
Catatan : Cara ini adalah cara yang harus anda lakukan dengan sabar dan tidak terburu-buru. Karena anda harus melakukan pengaturan ketika layar komputer anda terbalik. Dan ini juga berdampak pada pergeran mouse anda. Harap sabar, ini ujian.
Windows 10:
1) Klik kanan di Desktop > klik Display Settings
2) Pada bagian Orientation, ganti menjadi
Landscape
3) Jika ada notifikasi klik Keep Changes
Windows 8 atau Windows 7:
1) Masuklah ke Control Panel
2) Klik Adjust screen resolution, letaknya dekat dengan bagian Appearance and Personalization
3) Pada bagian Change the appearance of your display screen , klik menu dropdown dengan label Orientatioan , lalu pilih Landscape
4) Klik Apply , jika ada notifikasi klik Keep Changes
Sebenarnya masih ada cara lain yaitu menggunakan aplikasi VGA bawaan yang anda gunakan. Contohnya jika anda menggunakan VGA Intel anda bisa membuka aplikasi Intel Graphics Properties . Lalu mencari pengaturan yang berhubungan dengan layar komputer.
Karena pada kenyataannya tiap komputer maupun laptop memiliki versi VGA yang berbeda-beda jadi saya tidak bisa membuat tutorialnya satu persatu. Hanya saja pada umumnya, caranya adalah seperti itu.
Sekian cara mengatasi masalah layar komputer yang terbalik. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengatasi Layar Komputer Yang Terbalik"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
Banner iklan disini