-->

Fungsi Icon Sketchup (Bagian 2)



Bismillahirrohmaanirrohiim...



Ini lanjutan penelasan penjelasan fungsi icon icon sketchup yang kemaren aku share ya .. J
Langsung aja deh …

6.  Freehand.
Freehand artinya tangan bebas, fungsinya untuk membuat garis bebas, jadi fungsi icon ini untuk membuat garis abstrak tanpa terpaku ukuran. Cara gunain nya tinggal klik tahan aja, terus gerakin sesuka mu ..
7. Polygon
Fungsi polygon untuk membuat bangun datar yang ada sudut nya, seperti segi 3 segi 4 segi 5 segi 6 dst.
Cara menggunakan nya, klik icon nya, terus ketik , berapa sudut yang kamu mau buat, lalu enter, terus klik dimana titik yang kamu mau bikin bangun datar itu, terus ketik lagi radius/jari jari nya, lalu enter .
8. point arc
Point arc gunanya untuk membuat lingkaran tapi bukan dari titik tengah, melainkan dari 2 titik awal yang nantinya jadi berlubang. Cara menggunakan nya, klik 2 titik yang berbeda, lalu geser ke arah yang kamu mau buat cekungan. (agak sulit menerangkan nya)
9.Pie
Pie gunany a sama seperti polygon. Membuat sudut. Tapi, Pie ini bisa dibuat berapa derajat sudutnya,.
Cara menggunakan nya, klik icon, ketik berapa sudut yang kamu mau buat lalu enter, klik titik (bebas) lalu ketik sudut yang kamu mau buat. Lalu enter
10. Arc
Aku masih bingung sama icon ini sih, kayanya sama fungsinya sama Pie. Aku blm nemuin perbedaan nya :D
11. Move
Move gunanya untuk memindahkan suatu objek, garis, grup, atau material. Cara menggunakan move ini, tinggal klik objek mana yang kamu ingin pindahkan, lalu klik icon move, lalu pilih titik mana yang kamu ingin pegang sebagai acuan pindahan, lalu pindah objek itu dan klik. Shortcut icon ini adalah M
12. Push/pull
Nah, ini salah satu icon yang paling berguna dalam pembuatan 3D
Push/pull gunanya untuk membuat bangun datar 2D, menjadi 3D, cara nya, misal nya kamu sudah membuat objek persegi, lalu kamu tinggal klik icon nya, lalu tinggal klik bangun datar yang kamu ingin buat menjadi 3D, lalu ketikan tinggi bangun itu, lalu enter.
13. Rotate
Rotate ini juga salah satu fitur penting untuk mengatur arah dari suuatu objek.
Cara menggunakan nya, klik objek nya dulu, pastikan satu objek itu sudah ke block semua, lalu klik icon rotate nya, dan buat garis datar, lalu ketikan sudut putaran yang kamu ingin putar objek itu lalu enter
14. follow me
Follow me ini gunanya untuk membuat bengun ruang, tetapi lebih mendetail. Cara menggunakan nya, misal nya aku sudah punya garis arc dan di dasar nya sudah saya kasih bangun persegi. (lihat gambar)



Caranya tinggal, klik icon follow me, lalu klik bangun dasar nya, lalu ikuti garis yang menjadi pola untuk diikuti si follow me itu.
15. Scale
Scale ini gunanya untuk men-skala gambar, lebih kecil atau lebih besar. Cara menggunakan nya cuku mudah,. Kamu tinggal block bangun yang ingin kamu skala, lalu pilih bagian POJOK jika mau skala 1 bangun itu, kalo di atas Cuma skala tinggi nya aja , sedangkan lebar sama panjang nya ga ke-skala, lalu ketikan berapa skala nya lalu enter



16. Ofset
Offset gunanya untuk membuat garis yang sama seperti  bidang yang ingin di offset, jadi kaya scale, tapi ini Cuma bidang aja. Cara menggunakan nya klik icon nya, terus kamu pilih di dalambidang itu, lalu arahkan mouse keluar bidang itu.


17. Tape Measure Tool
Tape measure tool gunanya untuk mengetahui ukuran dan juga bisa untuk garis bantu. Untuk ukuran, tinggal klik dari titik ke titik yang kamu ingin tau ukuran nya. Kalo untuk garis bantu, kamu klik dari bawah ke atas untuk membuat garis bantu.



18. Dimension
Dimension gunanya untuk membuat dimensi ukuran. Mirip seperti dimension pada autocad


19. text
Text gunanya untuk mengetahui luas area yang di pilih, bisa juga untuk membuat keterangan.



20. 3D text

3D text gunanya untuk membuat text tapi berbentuk 3D. caranya, klik icon 3D text, lalu ketikan kata apa yang kamu mau buat, lalu atur ukuran nya, trus enter.

21. Orbit
Orbit gunanya untuk memutar secara 3 dimensi. Ini salah satu fitur yang paling penting dalam pembuatan 3Dimensi

22. Pan
Pan gunanya untuk menggeser secara 2 dimensi. Ini juga salah satu fitur penting dalam pembuatan 3 dimensi.


Yah, cukup sekian dari admin. Kalo bahasa admin agak wagu di baca, ya maklum lah, :D
Kalo ada kata kata yang salah, admin moof maaf yang sebesar besar nya pada pembaca :D
Kalo ada yang bingung, bisa komentar di bawah J

Good bye and stay tuned with tabunggasijo.blogspot.com J

untuk yang bagian 1 nya
bagian 1

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Fungsi Icon Sketchup (Bagian 2)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
Banner iklan disini